Ada Atraksi Kaastil de Batavia yang Menyambut Wisatawan di Kota Tua Jakarta

Kota Tua Jakarta yang dulunya bernama Batavia Lama (Oud Batavia) adalah sebuah wilayah kecil di tepi timur Sungai Ciliwung.

JAKARTA, SEKALIJALAN.COM – Sebagai satu dari 10 Top Destinasi Prioritas oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya, Kepulauan Seribu dan Kota Tua Jakarta sedang berbenah untuk meningkatkan jumlah wisatawan. Salah satu jurus yang dilakukan adalah dengan mengadakan sebuah atraksi yang bisa dijadikan sebagai penarik. Atraksi yang disiapkana berlangsung di Kampung Masyarakat Jakarta dengan mengankat tema Kaastil de Batavia.

 

Konsep Kaastil de Batavia adalah mengedepankan potensi kampung urban di kawasan heritage seperti Kampung Tongkol dan Kerapu. Selama ini Kampung tongkol dan kerapu dihuni oleh warga Kali Ciliwung yang memang selama ini hidup di sekitar sisa tembok kastil dan bekas gudang gandum VOC.

Seperti disampaikan oleh Ketua Tim Pokja Percepatan Pembangunan 10 Destinasi Pariwisata  Prioritas, Hiramsyah S Thaib ada beberapa potensi yang bisa dikembangkan di Kaastil de Batavia adalah mendorong masyarakat untuk melakukan urban farming, pengelolaan sampah menjadi kompos. Sebab selama ini, kampung ini merupakan kampung percontohan oleh Universitas Indonesia.

”Selain itu, kami juga terus melakukan pemanfaatan gedung-gedung tua yang telah selesai direvitalisasi di sekitar zona inti oleh JOTRC sebagai ruang publik yang diisi dengan kegiatan kreatif seperti Yoga, pameran foto tentang kota tua, pasar kreatif dan lain-lain,” katanya.

Di sisi lain, untuk urusan aksesibilitas alternatif akses menuju Kepulauan Seribu dari Jakarta dapat melalui Pelabuhan Sunda Kelapa Kota Tua dengan menggunakan kapal perintis KM Sabuk Nusantara 46. Jadwal keberangkatan pukul 7 pagi dan pulangnya dari Pulau Kelapa menuju Jakarta daratan pada pukul 19 malam setiap hari,layanan ini juga terintegrasi dengan TransJakarta. (*/NOR)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*