Air Terjun Batu Mahasur Kuala Kurun yang tersembunyi di Antara Pepohonan Rimbun

FOTO: Pemandangan Air Terjun Kuala Kurun Foto: bloggerkalteng

KUALAKURUN, SEKALIJALAN.COM – Cukup jarang lokasi destinasi wisata yang aksesnya strategis, atau tak jauh dari pusat kota. Apalagi di gugusan Pulau Kalimantan, di mana persepsi soal  industri tambang lebih dulu memenuhi isi kepala. Tapi tidak dengan akses air terjun yang berada di Kuala Kurun, Kabupaten Gunung Mas (kalimantan Tengah) ini. Namanya adalah Air Terjun Batu Mahasur. Posisinya tepat di pusat Kota Kuala Kurun, maka tak salah bila Air Terjun Batu Mahasur menjadi ikon pariwisata kawasan ini.

Tempatnya pun eksotis. Berada di kawasan hutan lindung sekitar 100 hektar. Benar-benar seperti oase yang tersembunyi di antara pepohonan rimbun, yang besar. Hijau, sejuk dan segar begitu memasuki kawasan ini. Pepohonan tersebut punya identitas masing-masing, ada jenis pohon gerunggang, cengal, meranti, benuas, dan bangkirai. Suasana senyap dan sedikit mistis juga terasa begitu menyusuri kawasan Air Terjun Batu Mahasur.  Pengunjung biasanya dikenakan tarif tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang.

MEMASUKI kawasan Air Terjun Batu Mahasur pengunjung dikenakan tarif Rp 5.000.
FOTO: borneo news

Menjelang musim liburan seperti akhir Desember 2016, mulai nampak intensitas pengunjung yang meningkat. Wajar saja apalagi mengingat pemandangan alam yang disuguhkan di sekitar Air Terjun Batu Mahasur. Sebelum bermain air, pengunjung bisa menikmati panorama di sekitarnya. Bagi yang biasa terjebak dalam keseharian aktivitas perkotaan dengan segala hiruk pikuknya, berada di Air Terjun Batu Mahasur, Anda seolah bisa bersemedi, menyepi, untuk sekadar meikmati momen yang tenang dan sejuk.

Suara gemericik air pun seolah menggoda untuk tak segera memanjakan diri dengan pijatan air terjun yang jatuh ke dasar. Beberapa cerita lokal menyebutkan bahwa air yang mengalir dari bibir air terjun tersebut tidak pernah kering. Abadi.Watch Full Movie Online Streaming Online and Download

Untuk menikmati semua keindahan tersebut, ada sedikit tantangan yang harus dilewati. Pengunjung harus menuruni puluhan anak tangga. Tapi, apa yang kita lalui, sebanding dengan apa yang kita dapat. Apa yang menunggu di bawah jejeran anak tangga, adalah sebuh harta karun alam yang tersembunyi. (LEN)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*