Bandara di Indonesia Ini Dinobatkan Sebagai Bandara Paling Tepat Waktu di Dunia

Bnadara Juanda di Surabaya meraih penghargaan sebagai bandara yang paling tepat waktu sedunia oleh lembaga riset penerbangan Inggris.

SURABAYA, SEKALIJALAN.COM – Indonesia kali ini mencatatkan prestasi lewat penghargaan yang diberikan oleh OAG. OAG merupakan lembaga riset analis perjalanan udara asal Inggris menilai Bandara Internasional Juanda Surabaya sebagai bandara paling tepat waktu di dunia pada tahun 2016. Bandara Juanda yang dikelola oleh  PT Angkasa Pura atau AP (Persero) I.

Defenisi ketepatan waktu menurut OAG yakni penerbangan yang tiba atau berangkat dalam waktu kurang 15 menit dari waktu kedatangan atau keberangkatan yang telah dijadwalkan. Penilaian ini diberikan berdasarkan data berupa 54 juta catatan penerbangan selama tahun 2016 ini. Catatan penerbangan ini menunjukkan kinerha bandara dan maskapai penerbangan terbaik yang kemudian diklasifikan dalam beberapa kategori.

Berdasarkan catatan data penerbangan tersebut, Bandara Juanda Surabaya berhasil menjadi bandara paling tepat waktu untuk kategori Bandara Besar . Kategori Bandara Besar yaitu memuat 10 juta hingga 20 juta penumpang per tahun. Toal terdapat 20 bandara yang masuk kategori bandara besar.

Bandara Juanda memperoleh nilai kinerja di atas 90 persen yang diukur dengan berdasarkan  on time performance atau OTP.  Bandara Juanda melesat melampaui nilai Bandara Honolulu di Amerika Serikat. Bandara Honolulu berada pada posisi kedua dengan OTP 87,53 persen. Kemudian disusul oleh Bandara Salt Lake City di Amerika Serikat (87,2 persen), Bandara Brasilia di Brazil (87,07 persen), dan Bandara Brisbane di Australia (86,71 persen).

Menanggapi hal tersebut, Danang S. Baskoro, Direktur Utama Angkasa Pura I, seperti dikutip dari Antara, Jumat (6/1/2017) menyebutkan penghargaan tersebut  menjadi bagian pendorong bagi AP I untuk meningkatkan OTP pada bandara lainnya. “Harapan kami, pengakuan ini dapat memotivasi bandara lainnya di Tanah Air dalam meningkatkan ‘on-time performance’ agar dapat meningkatkan kepuasan pelanggan,” kata Danang. 

Adapun posisi kedua bandara yang paling tepat waktu adalah Bandara Newcastle di Inggris (OTP 90,94 persen) yang juga menduduki peringkat pertama pada kategori bandara kecil (2,5-5 juta penumpang per tahun). (*)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*