Bandara H.A.S Hanandjoeddin Belitung Akan Naik Kelas Jadi Bertaraf Internasional

Bandara H.A.S Hanandjoeddin Belitung sedang direnovasi menuju bandara bertaraf internasional. FOTO:infopenerbangan

BELITUNG, SEKALIJALAN.COM – Meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara, Bandara H.A.S Hanandjoeddin Belitung akan berubah status menjadi bandara bertaraf internasional. Serangkaian renovasi telah dilakukan di bandara yang berlokasi di Jalan Buluh tumbang. Bagian-bagian yang sudah selesai di antaranya ruang tunggu, ruang imigrasi, tempat menurunkan bagasi dan beberapa lainnya. “Beberapa bagian masih dalam tahap penyelesaian. Akhir Januari 2017 ini sudah bisa diresmikan,”ujar  Pokja Percepatan 10 Destinasi Prioritas Kemenpar di Belitung, Larasati Sedyaningsih.

Sebelumnya, Menteri Pariwisata, Arief Yahya menekankan bahwa semua destinasi prioritas, maka bandaranya pun harus diproriotaskan menjadi bandara internasional.  Pihak Kementerian Perhubungan juga  menaikkan status bandara dengan runway sepanjang 2.250 meter lebar 45 meter itu agar memenuhi syarat sebagai international airport.

TANJUNG Kelayang, salah satu destinasi yang tak jauh dari Bandara H.A.S. Hananjoeddin, Belitung.

Kondisi Bandara H.A.S Hanandjoeddin Belitung juga bisa dibilang masih kesempitan sebab rata-rata per hari daya tampungnya adalah   2.000 penumpang. Itupun belum termasuk pengantar dan penjemput yang jumlahnya terus meningkat. Pada tahun 2017 ini juga, landasan pacu Bandara H.A.S Hananjoeddin akan diubah menjadi minimal 2.500 meter, sehingga bisa didarati Boeing 737-800 yang daya angkutnya lebih besar.

Tak ketinggalan terminal penumpang juga akan dibesarkan berkapasitas 20.000 orang. Juga akan segera dioperasikan Bus Damri dari Bandara-Tanjung Kelayang untuk mempermudah arus transportasi.  Serta Kapal Roro yang berkeliling dari pulau ke pulau, menghubungkan secara regular Bangka-Belitung, (LEN)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*