Bandara Kuala Kurun, Pintu Gerbang Menuju Gunung Mas Kalimantan Tengah

Bandara Kuala Kurun tergolong bandara kelas 5, atau bandara perintis.

KUALA KURUN, SEKALIJALAN.COM – Kuala Kurun masuk dalam wilayah Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah. Kontur daerahnya agak berbukit-bukit meskipun demikian akses jalan rayanya cukup mulus alias sudah beraspal. Dari Palangkaraya menuju Kuala Kurun memiliki jarak sekitar 180 km dari Kota Palangkaraya. Untuk mencapai Kuala Kurun, dari Palangkaraya membutuhkan waktu sekitar 5 jam perjalanan darat.

Kuala Kurun merupakan kota kecil di provinsi Kalimantan Tengah. Memasuki Kuala Kurun, salah satu pintu gerbang utamanya adalah Bandara Kuala Kurun. Bandara Kuala Kurun tergolong bandara kelas 5, atau bandara perintis. Bandara Kuala Kurun memiliki anjang landasannya hanya 750 meter. Oleh pemerintah setempat, bandara ini biasa disebut Bandara Sangkalemu. Saat ini yang melayani bandara ini hanya Aviastar, rute Kuala Kurun-Palangkaraya, yang memakai pesawat DHC-6 Twin Otter.

Selain lewat bandara di darat, orang datang ke Kuala Kurun juga bisa lewat “bandara air” di Sungai Kahayan. Penerbangan ini dilayani pesawat amfibi milik Mission Aviation Fellowship (MAF). Rutenya sama: Kuala Kurun-Pangkalaraya. (*/LEN)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*