Bandara Maratua Mempermudah Akses Wisatawan

Panorama Pulau Maratua, Kalimantan Timur. FOTO:SEKALIJALAN.COM

SEKALIJALAN.COM, BALIKPAPAN – Keindahan Pulau Maratua tak hanya menjadi perbincangan masyarakat Indonesia, wisatawan mancanegara pun mengakui keindahannya. Pulau Maratua memang termasuk pulau terluar di Indonesia yang terletak di antara laut Sulawesi dan berbatasan langsung juga dengan Malaysia.

Namun, bila dilihat dari wilayah pemerintahan, Pulau Maratua termasuk wilayah permerintahan Kabupaten Berau, provinsi Kalimantan Timur. Pulau ini terletak persis di sebelah selatan dari Kota Tarakan.

Akses transportasi menuju Pulau Maratua juga dipermudah dengan kehadiran Bandar Udara Maratua yang  memang ditujukan untuk memudahkan mobilitas masyarakat serta wisatawan untuk menjangkau pulau tersebut. Sebelum ada bandara, pengunjung harus menyewa speedboat yang biayanya bisa mencapai Rp 8.000.000 untuk perjalanan pergi pulang. Atau menggunakan speedboat dari Pelabuhan Tanjung Batu dan memerlukan waktu 2,5 jam dari Berau.

Dede Gunaefi, Inspektur Bandar Udara Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah VII Balikpapan menuturkan di Bandara Maratau, adapun penerbangan perintis sudah dijalankan oleh Maskapai Susi Air yang memfasilitasi rute  Tarakan-Maratua dan sebaliknya serta rute Maratau-Berau dan sebaliknya.

Adapun spesifikasi Bandara Maratua ini memiliki panjang landasan 1.600 meter dan lebar 30 meter.  Bandara Maratua ini juga sudah mampu untuk didaratkan pesawat ATR 72.

Di Bandara Maratau, adapun penerbangan perintis sudah dijalankan oleh Maskapai Susi Air.

 

Kondisi Bandara Maratua sangat bagus. Struktur landasannya yang kokoh. Perawatan rutin minimal tiga bulan sekali juga dijalankan secara baik. (ULSormin)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*