Catat! Februari 2017 Ada Festival Bau Nyale di Lombok Tengah

Festival Bau Nyale di Lombok Tengah

LOMBOK, SEKALIJALAN.COM – Pertengahan Februari 2017, tepatnya 15-17 Februari 2017 ada kegiatan yang selalu menjadi atraksi wisata menghebohkan di Lombok Tengah. Yakni Festival Pesona Bau Nyale. Mengingat lokasi Bau Nyale berada di sebuah destinasi parawisata yang ditetapkan pemerintah pusat sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Bau Nyale, scara harfiah artinya adalah menangkap cacing (dalam bahasa Lombok, Bau=menangkap; Nyale=sejenis cacing laut).

Uniknya, Nyale ini hanya muncul setahun sekalidi sepanjang pesisir selatan Pulau Lombok. Nyale keluar sekitar hari ke 19-20 bulan kesepuluh dan kesebelas awal tahun Penanggalan Sasak. Hal ini ditandai dengan munculnya bintang Rowot.

Sebagai upaya untuk mendukung dan memeriahkan kegiatan perayaan Festival Pesona Bau Nyale, Pemerintah Provinsi NTB menyiapkan anggaran sebesar Rp 700.000.ooo. Sehingga event Bau Nyale ini dapat dimaksimalkan untuk mempromosikan destinasi pariwisata di Lombok, NTB.

Sekda Loteng HM Nursiah mengatakan, beragam acara yang akan mengisi Festival Bau Nyale antara lain pra acara Pemilihan Putri Mandalika, Seminar Budaya, Peresean, Pacuan Kuda, Mandalika 10 km, Bazar, Parade Budaya Pesona Mandalika, Pentas Seni Budaya Tradisional, Drama Kolosal Putri Mandalika, hiburan rakyat dari artis ibu kota, dan Ritual Menyabut Putri Mandalika. (*/LEN)

 

 

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*