Danau Linting, Eksotisme Alam yang Tersembunyi Tak Jauh dari Hiruk Pikuk Kota Medan

Lokasi Dnaua Linting tak jauh dari Kota Medan, sekitar dua jam perjalanan, tepatnya berada di Sibunga-bunga, Durian IV Mbelang dan Gunung Manumpak, Kecamatan STM Hulu, Kabupaten Deliserdang. FOTO: anthonynh.blogspot-com

MEDAN, SEKALIJALAN.COM–  Menikmati keindahan Danau Linting seperti menemukan harta karun di lokasi yang tersembunyi tak jauh dari hiruk pikuknya kota. Posisinya tak jauh dari Kota Medan, sekitar dua jam perjalanan, tepatnya berada di Sibunga-bunga, Durian IV Mbelang dan Gunung Manumpak, Kecamatan STM Hulu, Kabupaten Deliserdang.  Pengunjung hanya dikenakan biaya retribusi Rp5.ooo.

Sepanjang perjalanan, kita disuguhkan pemandangan sejuknya perkebunan kelapa sawit, karet dan kakao terhampar di kiri serta kanan tepi jalan. Yang menjadi tantangan adalah akses jalan dengan lebar lebih kurang dua meter itu berbatu serta berlumpur. Hanya beberapa kilometer jalan menuju desa terakhir yang masih beraspal mulus. Memasuki daerah Desa Sibunga-Bunga,  terdapat sebuah plang bertuliskan Danau Linting di pinggir jalan. Berasal dari jalan utama, menuju Danau Linting harus menanjak melalui jalanan berbatu yang becek dari peredaran air hangat Danau Linting.

Danau seluas lebih kurang satu hektar itu berwarna biru kehijauan. Danau berair panas itu tak berbau belerang. Dan kandungan air Danau Linting sarat kandungan belerang. Danau dikelilingi oleh pepohonan  yang besar serta pohon kecil menjadikan danau terasa sejuk.

KANDUNGAN air Danau Linting sasrat dengan belerang.                                            FOTO:ww.dimedan.co

Jika ada godaan untuk berenang, pengunjung selalu diingatkan agar tidak ke tengah danau. Bukan tanpa alasan, melainkan karena tak ada yang tahu pasti kedalaman danau ini. Selain itu juga beberapa kali terjadi insiden pengunjung yang tenggelam.  Dan baru sekitar dua tahun terakhir Danau Linting dikunjungi oleh wisatawan. Sebelumnya penduduk setempat tidak berani berenang pada danau ini. Mereka tidak berani buat mendekati daerah danau. Hingga saat ini belum terdapat surat keterangan ilmiah yang meneliti tentang pembentukan danau ini.

Pilihan lainnya, pengunjung dapat piknik menikmati pemandangan danau Linting sambil bercengkrama dnegan teman dan sambil  istrihat sejenak di bawah pohon rindang yang telah tersedia tikar yang dapat disewa seharga Rp. 15.000 – Rp. 25.000. (*/LEN)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*