Festival Marandang : Memasak Rendang di Pedestrian Jam Gadang Bukittinggi

Rendang

BUKITTINGGI, SEKALIJALAN.COM –  Rendang, masakan Indonesia yang diakui dunia sebagai makanan terenak bukan sekadar ikon kuliner melainkan juga menggambarkan sejarah dan kebudayaan negeri ini. Rendang atau Randang dihasilkan bukan dari proses yang singkat, melainkan dari proses marandang yakni proses memasak dengan cara diaduk terus-terus sampai santan kelapanya mengering.Walaupun terkesan proses memasaknya monoton, hanya mengaduk-ngaduk, tetap dibutuhkan teknik  mengaduk yang baik, memperhatikan suhu api secara cermat, bagaimana santan bisa meresap maksimal ke dalam daging, dan tekstur daging tetap terjaga.

Marandang pun biasa dilakukan berjam-jam, dan beramai-ramai. Melibatkan belasan, puluhan ibu-ibu, yang bekerjasama memasak Rendang. Oleh karena itu Marandang juga menggambarkan filosofi budaya Indonesia. Gotong royong.  Marandang adalah lambang keutuhan warga Minang.

Kembali mengedepankan nilai dan filosofi Marandang,  sekaligus untuk memeriahkan Hari Jadi Kota (HJK) Bukittinggi yang ke 232 tahun, dan bertepatan dengan Hari Ibu, Generasi Pesona Indonesia (GenPi) Bukittinggi,menggelar Festival Marandang. Festival Marandang bakal diikuti ibu-ibu dari TP-PKK dan Dasawisma,

RENDANG atau Randang dihasilkan dari proses marandang yakni proses memasak dengan cara diaduk terus-terus sampai santan kelapanya mengering. FOTO : Twitter

Festival Marandang akan digelar pada Sabtu. 24 Desember 2016 bertempat di pedestrian Jam Gadang, dan bersamaan dengan kegiatan Bukittinggi Berhijab yang mengambil tempat di lapangan Wirabraja (lapangan kantin). Yang membuat festival ini semakin unik, semua peserta memakai pakaian tempo dulu seperti tangkuluak, baju basiba, sandal jepit atau tengkelek. Dan memasaknyapun di atas tungku dengan kayu bakar, menghembus kayu api menggunakan suluh aur. Semua peserta memeras santan dengan kain mori di lokasi tempat memasak. (LEN)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*