Icip-icip Jenang Sepuasnya di HUT Kota Solo Tahun Ini

Perhelatan Festival Jenang Solo tahun 2015.

SOLO, SEKALIJALAN.COM –  Memperingati hari ulang tahun (HUT) Kota Solo ke-271 pada 17 Februari, digelar sebuah event bertajuk Festival Jenang Solo. Aneka macam jenang atau dodol dari berbagai daerah akan tersaji selama Festival Jenang Solo, yang dimulai pada 14 Februaro -17 Februari di kawasan Ngarsapura.  Mayor Haristanto selaku Ketua Festival Jenang Solo menyebutkan event ini akan diawali dengan pembagian 1 vademecum viagra.000 takir jenang kepada warga saat hari bebas kendaraan bermotor pada Minggu (7/2/2017)di Jalan Slamet Riyadi.

“Kami juga menyediakan berbagai macam jenang seperti jenang ketan, jenang mutiara dan sebagainya,” ujar Mayor Haristanto. Festival Jenang Solo juga dimaksudkan untuk menggambarkan keragaman jenang dan makanan tradisional Nusantara. “Jadi melalui kegiatan tersebut kami ingin mengenalkan berbagai ragam jenang di Indonesia, termasuk dari Papua atau Kalimantan Barat,” katanya.

Adapun pada puncak festival panitia akan membagikan sekitar 2.000 takir jenang kepada warga yang menyaksikan festival. Sbenarnya tekstur jenang lebih lembek daripada dodol, lebih basah berminyak, dan umumnya dijual dalam bentuk lempengan atau plastikan. Jenang diiris sesuai permintaan pembeli.

Ragam Jenang yang bisa dicicipi di gelaran Festival jenang Solo.

Festival Jenang Solo adalah acara tahunan yang diselenggarakan untuk memperingati HUT Kota Solo yang hari jadinya diambil dari hari kepindahan Keraton Kartosura ke Surakarta, pada 17 Suro 1670 atau 17 Februari 1945. Kepindahan itu ditandai dengan diaraknya 17 macam jenang dari bekas Keraton Kartasura ke Keraton Surakarta. Kehadiran jenang disini tak hanya sekedar berfungsi sebagai makanan pelengkap saja, melainkan juga simbol doa, harapan, persatuan dan semangat masyarakat Jawa itu sendiri. (*/NOR)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*