Kelok 9 : Jalan yang Jadi Destinasi dan Ikon Wisata

Jembatan Kelok 9. FOTO:SEKALIJALAN

SEKALIJALAN.COM, PAYAKUMBUH – Kemegahan jembatan dengan jalan berkelok dan lokasinya di perbukitan bisa membuat pengunjung kagum akan arsitektur teristimewa dari jembatan ini. Jembatan Kelok 9 adalah jalan yang menghubungkan Provinsi Sumatera Barat dengan Riau, tepatnya terletak di Payakumbuh Kabupaten Limapuluh Koto.

Jembatan Kelok 9 pun menjadi ikon Kota Sumatera Barat. Tak lengkap rasanya momen ke Sumatera Barat tanpa singgah dan berfoto di sini, Minggu (7/5/2017).

Kelok 9 yang desaonnya meliuk-liuk ini memiliki panjang sekitar 2,5 km, tinggi tiang beton mencapai 58 m ini diklaim dapat menampung 14.000 kendaraan setiap harinya.

Sebenarnya, Kelok 9 memiliki usia yang lebih tua dibanding usia Republik Indonesia sendiri. Kelok 9 dibangun pada masa Kolonial Belanda tahun 1910 dan kurang lebih 104 tahun jauh lebih tua dibanding dengan merdekanya negara kita yaitu tahun 1945.

Namun usianya yang tua bukan berarti konstruksi bangunannya juga tua, terlihat bahwa pembangunan ulang Kelok 9 semakin memperkokoh keberedaan kelok 9 yang dimana pada tahun 2013 lalu telah diresmikan oleh Susilo Bambang Yudhoyono selaku Presiden pada saat itu. (ULSormin)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*