Keren! Belitung Bakal Masuk Daftar Geopark UNESCO dan Mendunia

Pantai di Belitung timur. FOTO:indonesiawow

BELITUNG, SEKALIJALAN. COM– Keindahan dan kekayaan alam Belitung akan menjadi bagian dalam situs warisan dunia, UNESCO. Belitung akan masuk dalam daftar taman bumi atau geopark dunia. Guy Martini, selaku Asesor Geopark Global Network (GGN) UNESCo memaparkan bahwa sumber daya alam yang ada di Belitung memang berpotensi mendunia.  Martini sempat memverifikasi Geopark Belitong pada tanggal 26 – 29 Desember 2016 lalu dan hasilnya sangat positif.

Profesor geologi asal Perancis tersebut menuturkan keindahan yang dipancarkan dari batuan granit besar, batuan bertekstur porfiritik, mineral kuarsa, ortoklas, plagioklas, biotit, dan hornblende beraneka warna merupakan keunikan yang layak diperkenalkan ke level dunia. Begitu juga jajaran batuan beku yang mempunyai kristal kristal kasar yang tersebar merata di Kabupaten Belitung dan Kabupaten Belitung Timur, banyak dipuji oleh Martini.

BATUAN granit besar, batuan bertekstur porfiritik, mineral kuarsa, ortoklas, plagioklas, biotit, dan hornblende beraneka warna hingga batuan beku yang mempunyai kristal kristal kasar yang tersebar merata di Kabupaten Belitung dan Kabupaten Belitung Timur.
FOTO:indonesiawow

Di sisi lain, pihak Kementerian Pariwisata mempridiksi Belitung sudah bisa mendapatkan status geopark nasional dalam kurun waktu satu sampai dua tahun. Seperti diutarakan oleh Hiramsyah S Thaib, Ketua Pokja Percepatan 10 Destinasi Prioritas Kemenpar, pihak UNESCO pada akhir Desember 2016 lalu telah memverifikasi Geopark Belitong. “Hasilnya sangat positif. Kerja tim yang cepat, keragaman dan keindahan Geopark Belitung banyak dipuji Martini,”ujarnya.

Nature atau keindahan alam memang menjadi kelebihan utama Belitung. Sebut saja panorama yang memukau yang dimiliki olehDanau Biru, Pantai Tanjung Tinggi, Pantai Tanjung Kelayang, Desa Wisata Terong, Museum Tanjung Pandan, Bukit Pangkuan di Kecamatan Kelapa Kampit, Pantai Burung Mandi. (*/NOR)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*