Melihat Gerak-gerik Ribuan Buaya di Penangkaran Teritip

Penangkaran Buaya Teritip merupakan penangkaran buaya yang memiliki jumlah buaya paling banyak di Kalimantan Timur. FOTO:SEKALIJALAN.COM/UL SORMIN

SEKALIJALAN.COM, BALIKPAPAN – Ngabuburit menunggu waktu berbuka, Penangkaran Buaya Teritip Balikpapan menjadi tujuan para warga. Dengan biaya masuk Rp 20.000, SobatPejalan bisa melihat dari dekat buaya-buaya super gede. Bahkan bisa berkesempatan berfoto dengan buaya kecil ataupun membeli aksesori yang bertema buaya. Uniknya lagi, juga bisa mencicipi sate buaya di sini. Dibanderol Rp 5.000 per tusuk.

Penangkaran Buaya Teritip merupakan penangkaran buaya yang memiliki jumlah buaya paling banyak di Kalimantan Timur. Saat ini terdapat lebih dari 1.500 ekor buaya yang ditangkar, terdiri dari buaya muara (Crocodylus porosus) yang paling dominan dan dua jenis buaya langka, yaitu buaya air tawar (Crocodylus siamensis) dan buaya supit (Tomistoma segellly). Ribuan buaya ini ditangkar dalam puluhan kandang di areal seluas 5 hektar.

Saat ini terdapat lebih dari 1.500 ekor buaya yang ditangkar

Selama ini buaya dikenal sebagai hewan yang liar, buas, dan berbahaya. Di Penangkaran Buaya Teritip, pengunjung bisa melihat secara dekat gerak-gerik hewan amfibi tersebut.

Pengunjung dapat langsung memberikan makan berupa ikan dan ayam hidup kepada buaya yang ditangkar. Saat buaya-buaya berebut makanan, menjadi hal yang menarik perhatian pengunjung.

Penangkaran Buaya ini terletak di Kelurahan Teritip dengan luas areal 5 ha. Tempat ini terbuka untuk umum setiap hari dari pukul 08.00 – 17.00. Lokasi ini dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua atau empat, juga dengan kendaraan umum yaitu angkutan kota No. 7 dengan jarak 25 km dari pusat kota Balikpapan.

Letaknya tak jauh dari Pantai Manggar & Pantai Lamaru, yang juga merupakan objek wisata favorit di Balikpapan. (ULSormin)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*