Mendunia, Pacu Jawi di Tanah Datar Bisa Disaksikan Pada 6 Mei Mendatang

SEKALIJALAN.COM, TANAH DATAR –  Pacu Jawi (sapi) di Tanah Datar, Sumatera Barat ini menjadi salah satu spot wisata yang tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke sana. Pacu jawi ini sangat unik dan menarik sehingga menjadi salah satu agenda pariwisata yang disukai para fotografer dan wisatawan lokal maupun mancanegara.

Di sisi lain, pacu jawi juga mempunyai dampak positif bagi perekonomian dan sosial budaya masyarakat yang dapat meningkatkan pendapatan masyarakat setempat.

Berdasarkan kalendar event pariwisata Sumatera Barat, pacu jawi dapat disaksikan di kawasan Nagari Sawah Tangah, kecamatan Pariangan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat pada 6 Mei mendatang.

Tak dipungkiri, pacu jawi saat ini tak lagi milik orang Tanah Datar saja, tapi sudah mendunia sehingga diharapkan masyarakat dapat mempertahankan tradisi seperti ini dan tidak terpengaruh dengan budaya asing.

Kepala Dinas Parpora Tanah Datar Edisusanto mengatakan pacu jawi merupakan warisam budaya yang sudah ada sejak ratusan tahun lalu.

“Kegiatan pacu jawi ini telah ada sejak ratusan tahun yang lalu dan menjadi sarana hiburan yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat,” katanya.

“Atraksi pacu jawi ini adalah permainan tradisional masyarakat di empat kecamatan di Tanah Datar yang diaplikasikan sebagai hiburan masyarakat,” katanya.

Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat melalui Kasi Strategi Pemasaran dan Brand Pariwisata, Riza Chandra, menambahkan pacu jawi dilaksanakan untuk mengisi masa setelah panen padi sampai musim bercocok tanam yang prosesinya dilaksanakan secara adat Minangkabau. (*)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*