Menghabiskan Weekend di Pulau Banyak

Snorkeling di Pulau Banyak. FOTO:SEKALIJALAN

SEKALIJALAN.COM, BANDA ACEH – Menghabiskan weekend di pantai yang bertabur pasir bersih, pemandangan air laut berwarna hijau toska yang mengkilap, diiringi nyiur pohon kelapa, adalah sebuah pengalaman yang mewah. Melepaskan diri sejenak dari penatnya ibu kota dan melipir ke Pulau Banyak, Singkil, Banda Aceh, adalah keputusan yang tepat.

Kepulauan Banyak merupakan surga bagi Sobat Pejalan yang gemar bermain papan seluncur, island hopping, dan bersantai di pantai yang sepi. Panorama Kepulauan Banyak benar-benar eksotis. Snorkeling, diving, atau sekadar bermain air merupakan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menikmati keindahan Pulau Banyak.

Pantai yang bersih, air laut berwarna biru toska dan nyiur kelapa di Pulau Banyak, Singkil Aceh.
FOTO: SEKALIJALAN

Adapun transportasi di dalam Kepulauan Banyak itu sendiri lebih ke pada transportasi laut. Terdapat dua jenis transportasi yaitu tradisional canoe dan speedboat. Biaya transportasi sendiri bergantung pada jenis perahu apa yang Sobat Pejalan pilih, untuk tradisional canoe sendiri harganya lebih murah ketimbang speedboat.

Terdapat antara 30-40 pulau di Kepulauan Banyak namun tidak semuanya berpenghuni. Anda masih bisa menjangkau pulau-pulau tersebut dengan menyewa perahu.

Kepulauan Banyak memiliki banyak pulau tak berpenghuni yang sangat cantik. Pasir putih, air yang jenis, warna laut hijau tosca, dan ikan-ikan kecil yang menari di perairannya.

Beberapa area yang biasa dijadikan tempat berselancar di Kepulauan Banyak adalah ujung selatan Pulau Tuangku dan Pulau Bangkaru, Ujung Lolok dan Ujung Lakita. Para operator selancar menamakan Pulau Bangkaru sebagai pulau harta karun sedangkan Pulau Bangkaru dipanggil sebagai pulau penyu. Pulau Bangkaru ini merupakan tempat konservasi penyu, jadi pulau ini sangat dilindungi.

Tak hanya itu, beberapa pemain kayak kelas dunia pernah bilang bahwa Pulau Banyak adalah yang terbaik. Bagi Sobat Pejalan yang memang mencari petualangan, sea kayaking memang sangat menggoda. Mengayuh dayung di bawah pepohonan kelapa yang teduh, ditemani ikan-ikan yang berenang di perairan jernih, dan lautan biru tosca yang selalu menggoda mata. (ULSormin)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*