Menikmati Keindahan Masjid Al Azizi Peninggalan Kesultanan Langkat

Masjid Al Azizi di Langkat, Sumut konon menjadi rujukan pembangunan Mesjid Zahir di Kedah, Malaysia. FOTO: ELSA OLIVIA KARINA

SEKALIJALAN.COM, LANGKAT – Di atas tanah seluas 18.000 meter persegi, tampak berdiri megah sebuah masjid bernama Al Azizi. Masjid Al Azizi ini konon menjadi rujukan pembangunan Mesjid Zahir di Kedah, Malaysia. Berlokasi di Tanjung Pura, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, Masjid Al Azizi mulai dibangun oleh Sultan Langkat Haji Musa pada tahun 1899, selesai dan diresmikan oleh putranya, Sultan Abdul Aziz Djalil Rachmat Syah pada tanggal 13 Juni 1902.

Setidaknya dibutuhkan waktu dua jam untuk sampai di lokasi dari Medan. Tidak sulit untuk menemukan masjid yang berada di pinggir jalan raya MedanAceh ini.

 Masjid yang memiliki tiga warna utama, yakni hitam, kuning dan hijau ini mulai dibangun oleh Sultan Langkat Haji Musa pada tahun 1899 dan diresmikan oleh putranya, Sultan Abdul Aziz djalil Rachmat Syah pada 13 Juni 1902. Mengusung konsep Melayu Langkat, Mesjid ini mampu menampung hingga 2.000 jamaah di dalamnya.
Dalam kompleks bangunan Masjid Al Azizi, juga terdapat pusara salah satu pahlawan Sumatera Utara yang terkenal, T Amir Hamzah.
FOTO :SEKALIJALAN/ELSA OLIVIA KARINA
Tak heran, saat SekaliJalan bertandang untuk menikmati keindahan bangunan mesjid ini banyak sekali pengunjung yang berasal dari luar daerah Langkat, seperti Medan dan Binjai. Interior mesjid yang memasang perpaduan antara Perancis, Turki, dan Inggris, menambah kemegahan islami yang mampu membuat kamu takjub seketika.
“Seperti pada altar di dalam, itu kan ada tangga, nah tangga itu dibawa langsung dari Turki oleh Sultan pada masa pembangunan.” Tutur Pak Zul, salah seoreang Imam Mesjid Al Azizi.
Masih dalam kompleks bangunan masjid, kamu juga dapat mengunjungi pusara salah satu pahlawan Sumatera Utara yang terkenal, T Amir Hamzah, di sini. Beribadah sekaligus melakukan peziarahan sebelum memasuki  Ramadan. (ELSA KARINA OLIVIA)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*