Pedas Mantap Kuah Sie Itek, Gulai Bebek ala Aceh

Kuah Sie Itek, atau gulai bebek khas Aceh. FOTO:ceritaperut

BANDA ACEH, SEKALIJALAN.COMKuliner Aceh dikenal dengan tampilannya yang sederhana, namun rasanya yang menghentak karena kompleksitas bumbu dan rempahnya sejak zaman dahulu. Rasa asin, manis, pedas, sedikit kecut, lemak, gurih, bisa menyatu secara sempurna dalam satu hidangan. Seperti saat mencicipi Kuah Sie Itek. Kuah Sie itek sederhananya adalah bebek gulai.

Umumnya untuk hidangan gulai, ada ikan dan ayam. Namun Sie Itek menggunakan bahan utama daging bebek. Di satu sisi daging bebek, jika salah mengolahnya akan menimbulkan bau anyir. Atau terlalu lama memasaknya bisa membuat tekstur dagingnya terlalu legit. Namun, Kuah Sie Itek, tampil sempurna.  Berkat komposisi bumbunya yang pas, daging bebek yang digulai ini justru menebarkan aroma harum.

Di beberapa warung di Banda Aceh, ketika sekalijalan mencicipi Kuah Sie Itek, rempah yang selalu digunakan adalah ketumbar dan jintan empah (dalam bahasa Aceh disebut jira). Dikenal ada dua jenis jintan yang digunakan adalah jintan (cumin) dan jira ikan (adas manis). Inilah yang berperan mengilangkan bau anyir daging bebek.

Bagi Anda penyuka masakan pedas, Kuah Si Itek wajib dimasukkan dalam daftar kuliner Anda. Nikmatnya...(NOR)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*