Pendap, Ikan Pedas Gurih Berbalut Daun Talas Khas Bengkulu

Pendap, yang sekilas mirip ikan pepes ini berbahan dasar ikan kembung yang dibungkus daun talas.

BENGKULU, SEKALIJALAN.COM – Tak jarang makanan yang enak itu datang bukan karena tampilannya yang extraordinary , atau bahan-bahanya yang riweh dan ribet. Justru dari kesederhanaan sering muncul kenikmatan. Seperti saat menyantap Pendap. Makanan khas Bengkulu yang satu ini, bahan-bahannya tergolong sederhana, mudah ditemui. Berbahan dasar ikan (biasanya ikan kembung), rempah-rempah pendukungnya antara lain bawang putih, kencur, cabai giling serta kelapa muda.

Yang menambah kenikmatan dan keharuman aroma Pendap, adalah ikan yang dibalur bumbu tadi dimasak dalam balutan daun talas. Bisa dibilang tampilannya mirip pepes. Begh…menggugah selera.

Proses memasak Pendap terbilang lama, yakni 8 jam sehingga bumbu dan rempah benar-benar meresap ke dalam ikan. Rempah dan bumbu yang membalur ikan memebrikan sensasi pedas dan gurih. Pas disantap dnegan nasi putih hangat.

Pendap biasa dijadikan oleh-oleh ketika datang berkunjung ke kota yang sempat menjadi tempat pengasingan Bung Karno dalam kurun tahun 1939 – 1942 pada masa pemerintahan Hindia Belanda ini. (NOR)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*