Punya Bandara Internasional, Yogyakarta Bakal Jadi Destinasi Kelas Dunia

Bandara Kulon Progo, Yogyakarta. FOTO:skyscrapercity

YOGYAKARTA, SEKALIJALAN.COM – New Yogyakarta International Airport (NYIA) bakal dimulai ground breaking pembangunannya di Kulon Progo, Yogyakarta pada Januari 2017.  Budi Karya Sumadi, Menteri Perhubungan (Menhub)menyebutkan bahwa pihaknya telah menjalin diskusi dengan Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Presiden Jokowi terkait groundbreaking bandara tersebut.

“Dari segi teknis PT Angkasa Pura I (Persero) sudah melakukan persiapan-persiapan, baik dari pembebasan tanah dan persiapan teknis lain,” kata Menhub. Menhub berharap pembangunan bandara baru yang berlokasi di sebelah barat Yogakarta ini, dapat mendukung Joglosemar sebagai kota destinasi wisata utama setelah Bali.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya juga yakin dengan status naik kelasnya bandara ini menjadi  international airport yang berkapasitas besar, apron-nya panjang, dan terminalnya berkelas dunia maka akan semakin menjadi tujuan destinasi wisata kelas dunia.“Semakin cepat, bandara Kulonprogo jadi, semakin yakin, Joglosemar akan semakin konkret menjadi destinasi wisata kelas dunia,” kata Arief Yahya.

Masterplan pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA).

Dalam road map pengembangan KSPN –Kawasan Strategis Pariwisata Nasional–Joglosemar ini memiliki banyak keunggulan kompetitif dan komparatif. Culture-nya sangat kuat, karena menjadi pusat kebudayaan Mataram. Alamnya juga lengkap, punya banyak gunung, punya pantai, punya pulau, dan bawah laut. “Dalam pengembangan destinasi wisata itu ada 3A, akses, atraksi dan amenitas,” jelas Arief Yahya.

Di sisi lain, Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan HB X menjelaskan pihaknya dan PT Angkasa Pura I telah berupaya melakukan pembebasan tanah. “Kami bersama PT Angkasa Pura I telah berkoordinasi, dan memungkinan persoalan-persoalan sudah bisa kita selesaikan, dalam arti pembebasan (tanah) juga sudah kita lakukan,” ujar Sultan.(*/LEN)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*