Resmi Launching, Festival Ikat Sumba Juli Mendatang Bakal Diikuti 2017 Perajin

Proses pembuatan tenun ikat Sumba.

SEKALIJALAN.COM, JAKARTA -Diperkirakan sebanyak 2017 penenun akan ikut dalam Festival Tenun Ikat Sumba pada Juli 2017. SebelumnyaKepala Dinas Pariwisata Provinsi NTT, Marius Ardu Jelamu memaparkan penenun sebanyak 2017 orang tersebut berasal dari empat kabupaten di Pulau Sumba yakni Kabupaten Sumba Timur, Sumba Tengah, Sumba Barat, dan Sumba Barat Daya.

Mereka  akan memperagakan langsung di lapangan aktivitas menenun mulai dari pencampuran warna untuk benang, hingga proses menenun sampai menghasilkan kain dalam berbagai ukuran dan motif khas Sumba.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya bersama beberapa kepala daerah meresmikan gelaran Festival Tenun Ikat dan Parade Pesona Kebangsaan 2017 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Jumat (12/5).

Penyelenggaaraan Festival Tenun Ikat Sumba akan berlangsung di Kabupaten Sumba Barat Daya pada Juli 2017, sedangkan Parade Pesona Kebangsaan akan berlangsung di Kabupaten Ende pada Juni 2017. Menpar Arief Yahya menyebutkan, festival ini juga digelar sebagai upaya untuk melestarikan dan mengembangkan keunikan warisan budaya nenek moyang berupa tenun ikat.

“Parade Pesona Kebangsaan juga sebagai upaya melestarikan sekaligus mempromosikan Situs Sejarah Terpopuler Soekarno versi Anugerah Pesona Indonesia 2016,” kata Menpar Arief. Penyelenggaraan festival budaya ini, menurut Menpar Arief merupakan bagian  dari upaya memperkuat atraksi sebagai bagian penting dari unsur 3A (atraksi, amenitas, dan aksesibilitas).

“NTT merupakan destinasi kelas dunia karena memiliki ikon Komodo, Danau Kalimutu, dan Labuan Bajo yang ditetapkan sebagai destinasi prioritas dikembangkan sebagai Bali Baru,” kata Menpar Arief. (*/ULSormin)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*