Romantisnya Menikmati Matahari Tenggelam di Pantai Tanjung Pendam Belitung

BELITUNG, SEKALIJALAN.COM – Sejak menjadi lokasi syuting film Laskar Pelangi, Bangka Belitung seperti mendapat spotlight. Tentu saja hal ini berdampak positif pada lokasi-lokasi wisata yang ada di Bangka Belitung. Dan, memang harus diakui, rata-rata lokasi tujuan wisata di sini, Instagramable banget! Satu di antaranya adalah Pantai Tanjung Pendam.

Saat tim sekalijalan mengunjungi Tanjung Pendam, Desember 2016 lalu, rata-rata pengunjung yang datang menyaksikan momen matahari terbenam (sunset) yang romantis dan mempesona. Apalagi karena posisi Pantai Tanjung pendam yang menghadap ke sisi barat, pas untuk memandangi sunset. Sekaligus bisa menikmati keindahan Pulau Kalimoa, yang dikenal sebagai tempat peribadatan masyarakat Thionghoa yang sebenarnya juga berada di kawasan Bangka Belitung.

Saat sore hari di Tanjung Pendam, Bangka. FOTO: SEKALIJALAN.COM/NOR

Berlokasi di Kota Tanjungpandan yang memiliki luas sekitar 22 hektar, Pantai Tanjung Pendam dilengkapi berbagai fasilitas umum. Jadi, tak perlu merasaribet ketika ingin piknik ke pantai bersama keluarga maupun rombongan. Beberapa fasilitas yang tersedia di antaranya taman rekreasi, panggung hiburan, restoran, pasar seni, arena olahraga pantai, dan shelter.

Yang unik dari Tanjung Pendam ini adalah kawasannya yang tak mempunyai bibir pantai yang landai. Hanya dibatasi  tembok beton. Nah, spot ini yang sering dimanfaatkan para wisatawan untuk menikmati momen matahari tenggelam. Selain itu ada juga tumpukan batu besar yang posisinya ada di sisi kiri pantai yang di atasnya terdapat batu prasasti. Tentunya dari sini, pemandangan laut terlihat semakin indah.

Jika beruntung, Anda dapat menyaksikan mini concert di Pantai Tanjung Pendam. Sebab keberadaan fasilitas panggung di lokasi tersebut sering dimanfaatkan untuk penyelenggaraan pagelaran budaya, festival musik, atau live band dengan latarbelakang pemandangan laut lepas. Duh, romantisnya….(NOR)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*