Santap Ikan Patin Sambal Tempoyak, Perpaduan Gurihnya Ikan dan Durian yang Difermentasikan

Pindang Ikan patin Sambal Tempoyak.

PALEMBANG, SEKALIJALAN.COM– Ikan patin adalah jenis ikan yang cukup akrab dalam keseharian masyarakat Indonesia. Ikan patin memang memiliki tekstur daging yang lembut dan juga gurih, jadi tak sedikit menu olahan khas daerah yang menggunakan ikan patin. Satu di antaranya adalah menu khas Palembang, Sumatera Selatan. Yakni  Pindang Ikan Patin Sambal Tempoyak. Gurih dan segarnya ikan patin berpadu dengan sambal dengan sensasi pedas, asin dan asam. Pakai nasi putih hangat, atau sialakan tambahkan acar seperti bawang merah, wortel dan timun yang diiris tipis. plus ulekan cabai, maka kenikmatan duniawi menyatu dalam mulut Anda.

Adapun sambal Tempoyak dibuat dengan bahan dasar durian. Durian difermentasikan. Dan demi dapat menghasilkan rasa asam dan aroma pas, proses fermentasi dilakukan selama tiga hingga enam hari.Kualitas daging durian lokal yang bermutu baik juga akan mempengaruhi rasa Sambal Tempoyak.

Ikan Patin Sambal Tempoyak adalah makanan yang lekat dengan keseharian masyarakat tak hanya di Palembang, juga di Jambi dan Lampung.  Per porsi biasanya dibanderol sekitar Rp 14.000,- hingga Rp 20.000. Menurut pendapat dari beberapa masyarakat di kota Palembang, ada dua tempat yang terkenal menjual Ikan Patin Sambal Tempoyak yakni Resto Pindang Meranjat Ibu Nida dan Rumah Makan Pindang Musi Rawas. (*/LEN)Watch Full Movie Online Streaming Online and Download

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*