Napak Tilas Sisa-sisa Kejayaan Tambang Batubara Sawahlunto

oebang Mbah Soero yang merupakan tambang tertua di Sawahlunto terletak di Patahan Soegar, yang lokasinya saat ini tidak begitu jauh dari Alun Alun Kota Sawahlunto. FOTO:SEKALIJALAN

SEKALIJALAN.COM, SAWAHLUNTO – Kerja paksa di tambang batubara, yang sempit dan pengap, para pekerja di rantai, adalah rekam jejak masa lalu kondisi di tambang batubara Sawahlunto, Sumatera Barat yang mulai digali pada tahun 1989.

Para pekerja tambang yang didatangkan dari berbagai penjuru nusantara ( orang rantai), dipaksa kerja di lokasi. Saat bekerja kaki mereka di rantai agar tak melawan dan melarikan diri saat melakukan pekerjaan penambangan. Lubang tambang ini ditutup pada tahun 1930 dan kembali dibuka pada tahun 2007 sebagai objek wisata.

Yang bisa dinikmati wisatawan adalah Loebang Mbah Soero yang merupakan tambang tertua di Sawahlunto terletak di Patahan Soegar, yang lokasinya saat ini tidak begitu jauh dari Alun Alun Kota Sawahlunto biasa di sebut Lapangan Segitiga atau Lapseg.Bisa di tempuh kurang dari 5 menit dengan jalan kaki, dan juga sekitar 200 meter dari Museum Goedang Ransum.

Di Museum Loebang Mbah Soero, pengunjung dapat menyentuh langsung dinding lorong masih terlihat kilapan hitam legam batu bara berkualitas tinggi.         FOTO:SEKALIJALAN

Keberadaan penerangan yang seadanya, ketika menyusuri tiap sudut lorong ibarat  masuk ke dalam labirin-labirin yang tak berujung karena memang belum semua lorong yang terjamah. Pengunjung dapat menyentuh langsung  dinding lorong masih terlihat kilapan hitam legam batu bara berkualitas tinggi. ”Dinding lubang tambang itu seluruhnya batubara yang masih utuh dengan kalori 6.000-7.000 dan merupakan kualitas terbaik nomor tiga di dunia,” kata guide.

Bahkan, ketika hendak dibuka sebagai objek wisata di tahun 2007, saat direvitalisasi banyak ditemukan potongan tubuh manusia tertanam. Begitu juga dengan cerita penampakan yang pernah terjadi di lubang bekas tambang batu bara ini menambah aura magis dan mistis.

Sebagai standar keamanan awal pengunjung akan dilengkapi topi pengaman dan sepatu boots(ULSormin)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*