Tak Melulu Soal Lokasi Tambang, Ini Tujuh Objek Wisata di Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah

Akses jalan di Kuala Kurun yang dijamin mulus.

KUALAKURUN, SEKALIJALAN.COM – Selama ini persepsi yang sudah terlanjur terbentuk tentang provinsi Kalimantan adalah daerahnya yang gersang, kering, panas, didominasi industri tambang dan minyak. Seolah tidak ada pemandangan istimewa atau lokasi destinasi yang layak dikunjungi para wisatawan. Nyatanya, Anda salah besar. Kalimantan adalah bagian dari Zamrud Khatulistiwa yang tak ada habisnya untuk diekplorasi pemandangan alamnya. Kali ini, Tim Sekali Jalan memilih Kalimantan Tengah, tepatnya Kuala Kurun, Kabupaten Gunung Mas. Daerahnya asri, tertib dan nyaman. Penduduknya juga beragam dan telah berbaur dnegan baik.

Memang, seperti namanya, Gunung Mas, kekayaan alamnya didominasi oleh sumber daya logam. Seperti data yang dilansir oleh Distamben Prov Kalteng (2012) terdapat 65 perusahaan pertambangan yang mengeksplorasi batubara, emas, logam, bijih besi, tembaga, galema dan zircon. Dengan sumberdaya alam sebesar itu, maka pada tahun 2013 tercatat DAU Kabupaten Gunung Mas sejumlah Rp 476.671.178.000.-

MASJID Agung Darul Najjah Kuala Kurun.

Kabupaten Gunung Mas jika dilihat jarak dari ibu kota Propinsi Kalimantaan Tengah  berjarak  176 km dari ibukota propinsi Kalimantan Tengah.  Dapat ditempuh sekitar tiga sampai empat jam. Pilihan akses yang dapat ditempuh jika ingin ke Kuala Kurun dari Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah adalah:

-via jalur udara dengan pesawat capung dari Bandara Palangkaraya sampai Bandara Kuala Kurun, dengan tarif Rp 250 ribu sampai Rp 350 ribu.
– via jalur darat, bisa menggunakan rental mobil atau mini bus dengan tarif Rp 80 ribu sampai dengan Rp 120 ribu.
-menggunakan kendaraan pribadi, bisa mobil atau sepeda motor.  Jangan khawatir karena semua jalannya mulus, sudah diaspal semua.

LANDASAN pacu Bandara Kuala Kurun.

Setidaknya terdapat  tujuh objek wisata yang bisa dinikmati para wisatawan di Gunung Mas. Di antaranya Rumah Betang Damang Batu di Desa Tumbang Anoi, Kecamatan Damang Batu, Rumah Betang Toyoi di Desa Tumbang Malahoi, Kecamatan Rungan. Situs Tambun Bungai di Desa Tumbang Pajangei, Kecamatan Tewah. Selanjutnya ada Rumah Betang Singa Kenting di Desa Tumbang Korik, Kecamatan Damang Batu. Batu Suli dan Puruk Amai Rawang di Desa Tumbang Manange, Kecamatan Tewah, Air Terjun Batu Mahasur dan Air Terjun Bawin Kameloh di Kecamatan Kurun. (*/LEN)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*