Tiga Langkah Sederhana Ini Dapat Meminimalisasi Dampak Jetlag

Ilustrasi jetlag

JAKARTA, SEKALIJALAN.COM – Bagi para pejalan dengan intensitas penerbangan tinggi, jam terbang lama dan jarak tempuh panjang, jetlag merupakan pengalaman yang paling umum bahkan sudah menjadi bagian dari keseharian. Kelelahan, disorientasi, dan jam biologis yang berubah adalah dampak yang paling sering dirasakan dari jetlag. Meskipun tidak ada obat yang pasti untuk menyembuhkan jetlag, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meminimalisasi dampaknya.

Harus diakui, tidak mudah untuk menangani jetlag dan efeknya pada setiap orang berbeda-beda. Tapi jangan sampai Anda harus ketergantungan pada obat-obatan ataupun alkohol demi menghilangkan dampak jetlag. Berikut hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi dampak jetlag:

  1. Tidur di mana saja, kapan saja : Jika Anda mendapat kesempatan tidur, tidur siang di zona waktu yang baru, di tempat yang baru, lakukan. Nikmati waktu tidur Anda.
  2. Menyesuaikan diri dengan zona waktu baru : Beralih ke zona waktu yang baru memang bukan perkara mudah.Tapi tetap Anda harus mencoba memaksakan diri, menyesuaikan aktivitas dan sirkulasi internal Anda.
  3. Mandi air hangat : Ketika tempat penginapan atau hotel Anda menyediakan fasilitas berupa air panas, cobalah relaksasi sebentar dengan air hangat. Anda dapat merendam kaki Anda terlebih dahulu, lalu perlahan membasahi tubuh Anda dengan air hangat.  (*/NOR)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*