Tips Aman saat Solo Travelling

Ilustrasi solo female travelling

JAKARTA, SEKALIJALAN.COM – Beragam alasan mengapa seseorang memilih untuk melakukan perjalanan sendirian (solo travelling). Anda dapat lebih memanjakan diri sendiri. Bersitirahat kapan pun Anda mau saat sudah merasa lelah. Tidak perlu mengkhawatirkan harus berdesak-desakkan dengan pejalan lain untuk menikmati berbelanja di kota lain, menikmati sepuasnya segala isi museum yang Anda kunjungi. Setiap momen, setiap tempat yang Anda kunjungi menjadi pengalaman yang istimewa karena Anda lebih puas dan lebih khidmat menikmatinya.

Intinya Anda dapat melakukan apa saja sepanjang waktu. Itinerary Anda susun sesuai kemauan Anda. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat Anda bepergian sendiri. Satu di antaranya adalah soal keamanan. Ya, keamanan menjadi perhatian penting. Tanpa pendamping, atau kelompok , tentu diri kita lebih rentan terhadap segala resiko kejahatan. Dari scam artist bahkan ancaman terhadap kesehatan.

Berikut tips tetap aman saat traveling sendirian :

Berbaur

Dari sisi jumlah, seorang solo traveler seharusnya bisa berbaur lebih mudah dibandingkan ketika melakukan perjalanan dengan berkelompok. Namun agar lebih mudah berbaur, kehadiran diri kita jangan terlalu mencolok atau terlalu menampakkan diri sebagai seorang turis. Misalnya dengan tidak menggunakan pakaian yang gayanya berbeda dengan keseharian masyarakat di kota yang Anda tuju.

Buat simulasi biaya transportasi

Biasanya di beberapa kota yang sering didatangi wisatawan, sarana angkutan seperti taksi akan lebih memilih mengangkut wisatawan yang bepergian sendiri. Bahkan tak jarang sopir taksi akan menaikkan tarif . Oleh karena itu, Ada baiknya Anda membuat simulasi biaya transportasi sehingga Anda dapat memperkirakan biaya yang Anda keluarkan.

Pesan hotel dengan layanan resepsionis 24 jam

Memesan hotel dengan layanan resepsionis 24 jam dengan tujuan jika Anda akan tiba terlambat, sehingga Anda tidak berakhir tidur di mobil atau lebih buruk.

Jika ragu, jangan lakukan

Jadilah penasihat terbaik bagi diri Anda sendiri; jika Anda merasa ada yang tidak benar, jangan lakukan itu.

Berbohong sedikit

Ketika Anda menanyakan arah, jangan terlalu jujur dengan menyebutkan bahwa Anda datangsendirian: “Dapatkah Anda mengarahkan saya ke museum saya harus bertemu dengan seorang teman?.”

Bawa selalu kelengkapan identitas diri

Berjalan dengan percaya diri

Jangan menarik perhatian dengan mengenakan pakaian mencolok dan  perhiasan

Periksa peta Anda dan jadwal transportasi sebelum meninggalkan hotel / kereta

Tinggalkan jadwal Anda

Tinggalkan salinan jadwal Anda dengan teman atau anggota keluarga di rumah, dan tetap berhubungan secara teratur melalui telepon, teks, video chat atau email.

 

Jangan mudah percaya

Salah satu alasan terbaik untuk bepergian sendiri adalah untuk bertemu orang baru, tapi ini juga membuat Anda lebih rentan. Tidak apa-apa untuk bergaul, dan berbagi dengan teman-teman baru, tapi Anda jangan mempercayakan uang Anda pada mereka. Bisa jadi mereka scam artist. Intinya tetap waspada. (NOR)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*